Senin, 29 Mei 2017

SITU CIPADUNG - PAJAJAR MAJALENGKA





Wisata Prabu Siliwangi terletak di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Objek wisata ini banyak di kunjungi dari berbagai daerah di Kabupaten Majalengka juga dari luar Kabupaten Majalengka, untuk berjiarah maupun hanya sekedar menikmati keindahan objek wisata ini. Sebelum para pengunjung masuk ke Wisata Prabu Siliwangi, pengunjung akan melihat Situ. Situ ini bernama Situ Cipadung yang berada diantara Desa Indrakila Kecamatan Sindang dan Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh.
Objek wisata ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya objek wisata patilasan Prabu Siliwangi menyajikan objek wisata yang lengkap, dari wisata budaya, wisata alam dan wisata air.
Objek Wisata Patilasan Prabu Siliwangi berjarak ±19 KM dari pusat Kota Majalengka, atau berada di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh. Akses yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi ini dengan menggunakan kendaraan umum adalah menuju terminal Rajagaluh dan cari angkutan umum (biasanya mobil bak terbuka) menuju Desa Pajajar lalu turun di Alun alun Desa Pajajar lalu selanjutnya berjalan kaki menuju lokasi wisata. Bila menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju Desa Pajajar dan langsung parkir di dekat pintu masuk objek wisata.
Di objek wisata ini terletak disebuah kawasan hutan kecil yang memiliki pohon-pohon yang besar dan rimbun, sehingga membuat udara di objek wisata ini terasa sejuk. Objek wisata ini memiliki 2 telaga, yaitu telaga pancur dan telaga emas yang sering juga di sebut sebagai Situ Cipadung.
Panorama telaga pancur


Telaga pancur memilki air yang sangat bening dan jernih bahkan dasar telaga pun terlihat. Selain itu pun ikan-ikan yang tinggal di telaga ini dapat jelas terlihat. Karena airnya yang bening dan dingin, banyak pengunjung yang berenang di telaga ini. Air telaga ini berasal dari mata air yang mucul dari dasar telaga. Selain berasal dari mata air yang berasal dari dasar telaga, sumber air telaga ini berasal dari air yang disalurkan oleh pipa dan kemudian dipancurkan oleh patung yang berbentuk lumba-lumba.
Objek wisata ini, sesuai dengan namanya tentu memiliki daya tarik utama, yaitu wisata ziarah dan budaya berupa patilasan Prabu Siliwangi. Patilasan ini dijaga oleh kuncen, dan banyak pula penziarah yang datang. Identik dengan Prabu Siliwangi, di wisata ini juga terdapat patung  Maung atau Harimau. tempat untuk ziarah lainnya adalah pancuran Cikahuripan atau Pancuran selendang widadari. Tempat ini merupakan tempat pemandian untuk para penziarah patilasan Prabu Siliwangi.
Objek wisata ini juga dilengkapi berbagai macam fasilitas, seperti toilet, mushola, saung, dan juga permainan anak kolam renang anak-anak serta flying fox. Warung-warung yang dikelola warga pun menyediakan makanan untuk para pengunjung apabila lapar.
Ayo kunjungi objek Wisata Patilasan Prabu Siliwangi.             



0 komentar:

Posting Komentar

SADAREHE DESA PAYUNG KEC. RAJAGALUH KAB. MAJALENGKA

Panorama Sadarehe Obyek Wisata Taman Nasional Sadarehe di Rajagaluh Majalengka Jawa barat memiliki pesona keindahan yang sang...

 

UNMA

Wavy Tail

Blogger news

Blogroll

About